Monday 11 July 2016

5 Aplikasi Digital ini Bikin Belajarmu Lebih Asyik

Tidak dipungkiri lagi, era digitalisasi sangat mengubah pola hidup manusia nyaris 180 derjat. semua aktifitas kita digantikan oleh robot alias teknologi. Ada baiknya dan ada buruknya juga, tetapi jika kita pandai memanfaatkan teknologi tersebut sesuai dengan kondisi yag dibutuhkan, maka akan memudahkan pekerjaan kita.

Nah beberapa aplikasi berikut ini merupakan aplikasi yang dapat memudahkan para guru dalam mengajar, sekaligus berinteraksi secara langsung didalamnya. Apa-apa saja?

1. Emaze


Emaze merupakan aplikasi untuk membuat presentasi secara online. Grafis dan efek yang disediakan sangat beragam, sehingga sangat membantu guru memaksimalkan materi yang diajarkan. Selain itu kita juga bisa menlihat trafik progress sudah sejauh mana meterinya tersampaikan.

Tidak hanya itu, para murid pun juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai media pembelajaran dan untuk menyimpan karya-karya mereka.

2. ZipGrade


Menilai lembar jawaban murid terkadang memang sangat melelahkan, tetapi dengan menggunakan ZipGrade, merekap nilai siswa jadi lebih gampang. Aplikasi berbasis scanner ini dapat memindai lembar jawaban dan langsung menampilkan skor seketika itu juga, berikut dengan kesalahannya.

Cara menggunakannya sangat gampang, kita cukup memindai lembar jawaban siswa dengan kamera hp melalui scanner ZipGrade.

3. WriteAbout


WriteAbout adalah sebuah platform menulis digital di mana siswa dapat menulis, mempublikasikan karya mereka, dan saling berkomentar mengenai tulisan mereka. Aplikasi ini lebih ditujukan ketika siswa berada diluar ruangan kelas, sehingga mereka bisa menulis apa saja yang menarik, dan menuangkannya melalui WriteAbout.

Selain itu Guru juga dapat memonitori apa saja yang ditulis siswanya memalu private group.

4. StoryBoard That


Kita percaya bahwa belajar dengan metode audio (mendengarkan) saja tidak cukup. Kita perlu metode visual (melihat) sebagai pelengkapnya. Untuk itulah StoryboardThat hadir menawarkan metode pembelajaran yang menarik yang dapat memudahkan siswa dalam mengingat sesuatu.

Aplikasi storytelling makker berbasis digital ini banyak digunakan oleh guru-guru sd atau untuk mengajar anak-anak. Karena melaui aplikasi ini gambar-gambar visual ditampilkan dengan efek dan teks menarik. tidka perlu repot mencari gambar, karena sebagian besar sudah disediakan di template.

Tentu aplikasi ini tidak hanya untuk anak-anak saja, siswa remaja juga bisa menggunakannya, untuk membuat comic strip atau meme misalnya, ya kan.

5. PlagScan


Sebuah fakta memang bahwa tindakan plagiat marak sekali terjadi dikalangan siswa, bahkan mereka dengan seenakanya mengkopi mentah-mentah karya orang lain tanpa mencantumkan sumbernya.

PlagScan merupakan rekomendasi dari sekian banyak situs pendeteksi plagiat. Meskipun berbayar, aplikasi ini sangat dilengkapi dengna fitur-fitur khusus seperti menampilkan sumber aslinya dari karya plagiat tersebut. Dengan aplikasi ini guru menjadi lebih mudha dalam merekap karya siswanya dan juga dapat memberikan nilai secara rasional, adil, dan transparan kepada siswa.

Nah, sudahkah anda menggunakan aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran? Masih mau pakai cara jadul dan kuno ditengah-tengah era digitalisasi? Ayo beralih ke era digitalisasi positif.

LifeHack

1 comment: