Thursday 23 June 2016

Tips Memaksimalkan Puasa Walaupun sedang Bekerja!

Sering kali orang-orang mengganggap bahwa puasa itu adalah hal yang sulit. Terutama bagi mereka yang bekerja di siang hari. Mereka beranggapan bahwa dengan berpuasa kinerja mereka akan turun. Padahal berpuasa itu membuat kita sehat dan bersemangat.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan puasa di tengah kesibukan padat yang kamu jalani.

Niatkan dengan kesungguhan

Foto: mahad-aly.sukorejo.com
Kamu pasti tau kan kalau segala sesuatu yang kita lakukan itu harus berdasarkan pada niat. Jika kita niatkan puasa itu dengan sungguh-sungguh, maka kita akan sanggup menjalaninya dalam kondisi apapun. Termasuk ketika kita sedang bekerja, baik indoor maupun outdor.

Perbanyak minum air putih

Foto: lampuislam.org
Kita sering kali menyepelakan hal ini, kebanyakan dari kita cukup minum satu atau dua gelas air putih saja ketika sahur, padahal standar minimal asupan air putih untuk tubuh adalah dua liter per hari, atau setara dengan delapan gelas. Nah bagaimana caranya agar asupan tersebut terpenuhi? kan nggak mungkin kita meminum air putih delapan gelas sekaligus. Menurut dr. Sri Sukmaniah, MSc, SpGK (Ahli gizi FK UI) agar tetap fit dalam berpuasa, cobalah menerapkan pola 242. Artinya, dua gelas ketika berbuka puasa, empat gelas dimalam hari menjelang sahur, dan dua gelas ketika sahur. Cara ini terbukti ampuh untuk menjaga tubuh kita agar tetap segar ketika berpuasa di siang hari.

Maksimalkan waktu istirahat
Foto: canberratimes.com
Bekerja di siang hari memang membuat kita lelah, lesu, dan lapar. Tetapi hal tersebut bisa kita minimalisir dengan memanfaatkan waktu istirahat dengan semaksimal mungkin. Waktu istirahat yang biasanya kita gunakan untuk makan siang ketika hari-hari biasa, gunakanlah untuk istirahat, kita bisa mengisinya dengan melakukan aktifitas-aktifitas yang tidak terlalu menguras otak dan tidak menguras energi seperti mandi atau duduk santai merebahkan diri. Bagi pekerja yang bekerja di siang hari, gunakanlah waktu istirahat malam untuk tidur. Jangan gunakan waktu tersebut untuk begadang, menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Dan bagi pekerja yang bekerja di malam hari, waktu istirahat siang gunakanlah untuk beristirahat, Walaupun mata kita tidak terlihat mengantuk.

Kurangi bicara dan tertawa

Foto: ejaaba.com
Percaya atau tidak, bicara berlebihan dan terlalu sering tertawa lepas akan menguras energi kamu secara perlahan. Apalagi kalau dilakukan terus menerus. Hal ini biasanya kita lakukan jika sedang berkumpul dengan teman-teman kerja dan mereka kerap kali mengeluarkan jokes, candaan berlebihan yang mengocok perut untuk menghilangkan kebosanan. Untuk itu hal tersebut harus dihindari agar energi kita bisa tersimpan dan dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, sekarang udah tau kan apa-apa saja yang mesti kamu lakukan ketika sedang berpuasa sambil bekerja. Jangan sampai pekerjaan yang sangat sibuk membuat kamu tidak puasa, karena puasa itu hukumnya wajib. So, jangan jadikan alasan pekerjaan membuatmu tidak perpuasa, selama kita bersungguh-sungguh, berniat untuk berpuasa maka kamu akan kuat untuk menjalaninya.

Barang siapa yang mengejar Dunia, harus dengan ilmu. Barang siapa yang mengejar akhirat, harus dengan ilmu. Barang siapa yang mengejar keduanya, juga harus dengan ilmu.

Semoga Bermanfaat.

0 comment

Post a Comment