Monday 2 March 2015

Makna 'kuliah' Yang Perlu Kalian Ketahui

Makna 'kuliah' Yang Perlu Kalian Ketahui
KuahPliekU – Bicara soal kuliah, banyak sekali hal yang dapat kita bahas mengenai satu kata ini. Kuliah tidak asing lagi di telinga orang-orang banyak, terutama anak SMA yang baru saja tamat dan mahasiswa itu sendiri.

Kuliah sangat identik dengan dunia perkuliahan dan aktivitas di kampus. Akan tetapi, kuliah itu tidak hanya di kampus saja. Kuliah bisa jadi ceramah atau belajar kelompok dengan teman-teman. Dan masih banyak lagi arti kata kuliah yang juga beragam maknanya menurut persepsi orang lain.

Sebelumnya saya sudah jelaskan arti kata kampus yang sebenarnya. Nah, untuk itu di sini saya akan jelaskan apa arti kata kuliah itu sebenarnya? Dan apa makna kuliah itu sebenarnya?

Arti Kata “kuliah” Sebenarnya

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata kuliah memiliki arti yang beragam, tergantung penggunaannya dimana.
ku.li.ah 1 nsekolah tinggi; 2 n pelajaran yang diberikan di perguruan tinggi; 3 vmengikuti pelajaran di perguruan tinggi; 4 vceramah

Wikipedia juga menulis dalam website nya yang menyadur dari KBBI,
“Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti “pelajaran yang diberikan” atau “ceramah”. Namun pada umumnya kata “kuliah” dikaitkan dengan perguruan tinggi atau pendidikan tinggi yang sering diartikan sebagai proses belajar atau proses pembelajaran.”
Dari dua pengertian diatas sudah sangat jelas bahwa kata kuliah itu sebenarnya adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang, baik itu dalam kelompok atau secara umum. Dan kata kuliah itu lebih identik dengan proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Arti Kata “kuliah” Menurut Mahasiswa

Banyak sekali orang-orang yang mengartikan kata kuliah itu seperti apa. Dan sebenarnya semua itu tergantung kepada persepsi dan profesi orang yang mengatakan tersebut, sebagai contoh adalah kata-kata berikut ini yang saya temui di forum-forum dan dari teman-teman saya sendiri.

“Kuliah itu waktunya nikmatin hidup, bebas dari orang tua. Tidak ada yang ngatur dan uang saku rutin dikirim tiap bulan.”

Ini adalah persepsi yang salah, karena makna kuliah itu sebenarnya adalah untuk belajar dan menimba ilmu. Serius, empat tahun tamat –paling lama-, wisuda. Pulang ke kampung halaman dengan predikat cum laude dengan gelar S.Ikom :D

“Kuliah itu ga enak, bikin stress! Enakan jaman-jaman SMA dulu, tugas engga se-bejibun ini. Gurunya pada baik hati semua.” 

Ini pemikiran anak-anak, mereka masih membiasakan hidup mereka manja. Kuliah itu ya kuliah, kalau ingin dapat nilai bagus seriuslah belajar. Ini kampus bro, bukan SMA. Dosen tidak akan peduli dengan mahasiswanya, yang penting materinya tersampaikan. Masalah mengerti atau tidaknya kembali pada keseriusan kita untuk kuliah. Mau cepat tamat kan? :)



“Kuliah itu waktunya untuk mencari jati diri, menjadi pribadi yang lebih mandiri. Belajar manajemen waktu agar lebih disiplin dan bermanfaat bagi orang-orang.”

Nah, saya salut dengan yang satu ini. That is right! Ini baru yang namanya mahasiswa. :)

Makna Kuliah

Sebenarnya masih banyak lagi pendapat mereka tantang kuliah itu seperti apa. Intinya, kuliah-lah dengan serius, manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Ibadah jangan lalai. Jangan kecewakan orang tua. Jangan terlarut dengan kehidupan bebas di dunia sekarang ini.

Salah seorang teman saya pernah berkata seperti ini, “kuliah itu nomor satu, organisasi tidak di duakan.”

Ini untuk para mahasiswa yang sangat aktif di kampus dan ikut organisasi sana sini. Organisasi memang penting, karena melatih kita untuk tidak canggung lagi dalam bersosialisasi. Dan juga untuk melatih jiwa kepemimpinan kita. Tetapi, kuliah jangan diduakan. Tetap kuliah yang utama, dan organisasi tidak di duakan. Semoga mengerti apa yang saya maksudkan.

Demikian artikel mengenai  Makna “kuliah” Yang Perlu Kalian Ketahui, semoga penjelasan diatas dapat memberikan pemahaman kepada kita tentang istilah-istilah yang sering digunakan di kampus.

Semoga bermanfaat!!

0 comment

Post a Comment