Saturday 28 February 2015

Arti Kata 'kampus' Sebenarnya Yang Perlu Kalian Ketahui

Arti Kata 'kuliah' Sebenarnya Yang Perlu Kalian Ketahui
Anak kAmpus.NET - Kita sering kali mendengar kata kampus tetapi tidak tahu arti kata kampus itu sendiri, makna sebenarnya. Sering kita berkata, “bro, ane ke kampus dulu ya!” “ke kampus gak hari ini bro?” “kuliah di kampus mana kak?” dan kata-kata lainnya.

Secara tidak langsung, mereka mengucapkannya secara spontanitas, tetapi tidak tahu arti sebenarnya. Hanya sering digunakan dalam bahasa sehari-hari saja. Terutama para mahasiswa yang memang benar-benar menggeluti “kampus” itu sendiri. 

Memang, ada sebagian orang yang tahu arti kampus itu sendiri, tetapi hanya sebagian kecil saja. Nah, untuk artikel pertama blog ini saya menulis tentang arti/makna kata kampus itu sendiri. Atau katakanlah, definisi kampus itu apa? Sebelum kita cari tahu maknanya, kita lihat dulu sejarahnya.

Sejarah Penggunaan Kata  “kampus”

Pada awal mulanya, kata kampus hanya ditujukan untuk daerah yang luas atau lapangan. Kemudian pada abad ke-18 kata kampus digunakan untuk menggambarkan sebuah universitas Collage Of New Jersey yang sekarang berganti nama menjadi Princeton University.

Dan ketika masuk abad ke-20 barulah kata kampus dikembangkan menjadi makna sebuah universitas atau perguruan tinggi. Namun masih ada juga  yang menggunakan kata kampus untuk menyebutkan tempat yang luas atau bangunan yang luas, baik itu bangunan untuk proses belajar-mengajar atau bangunan yang lainnya.

Arti Kata “kampus”

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata kam.pus n daerah lingkungan bangunan utama perguruan tinggi (universitas, akademi) tempat semua kegiatan belajar-mengajar dan administrasi berlangsung.

Sedangkan menurut Wikipedia, kata kampus berasal dari bahasa latin, yaitu campus yang berarti “lapangan luas”, “tegal”.

"Dalam pengertian modern, kampus berarti, sebuah kompleks atau daerah tertutup yang merupakan kumpulan gedung-gedung universitas atau perguruan tinggi. Bisa pula berarti sebuah cabang daripada universitas sendiri. Misalkan Universitas Indonesia di Jakarta, Indonesia memiliki ‘kampus Salemba’ dan ‘kampus Depok’, atau Universitas Bunda Mulia memiliki ‘kampus Lodan’."

Nah, dari dua definisi kampus diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kata kampus itu sebenarnya berasal dari kata latin campus yang sudah di Inggris-kan menjadi Campus yang berarti ‘bangunan’ dari sebuah institusi seperti perguruan tinggi dan akademi guna untuk proses kegiatan belajar-mengajar. Itu.

Arti Kata 'kuliah' Sebenarnya Yang Perlu Kalian Ketahui
Di Indonesia, umumnya istilah kampus itu identik dengan sebuah perguruan tinggi atau sekolah-sekolah akademi. Baik itu perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta.

Biasanya kampus itu tidak digunakan untuk proses belajar-mengajar saja. Tetapi kampus itu meliputi seluruh bangunan yang ada di kompleks perguruan tinggi tersebut. Seperti bangunan kantor administrasi, gedung kemahasiswaan, perpustakaan, Masjid, bahkan kantin pun juga tergolong kampus, jika masih berada dalam kompleks kampus tersebut. Kantin kampus namanya. Yang harga menunya pun bersahabat dengan kantong mahasiswa. Hehe

Bicara soal kampus, sudah pasti berkaitan dengan dunia perkuliahan dan semua aktivitas-aktivitas yang terjadi di kampus. Nah, apakah kalian tahu arti kuliah itu sebenarnyaseperti apa?

Demikian artikel mengenai Arti kata “kampus” sebenarnya yang perlu kalian ketahui, semoga penjelasan diatas dapat memberikan pemahaman kepada kita tentang istilah-istilah yang sering digunakan di kampus.


Semoga bermanfaat!

0 comment

Post a Comment