Tuesday 3 June 2014

Maop, Hantu di Aceh yang Paling Ditakuti

Hantu Aceh Paling Ditakuti



udanaufal's Blog - Pernahkan anda mengengar kata Maop? (baca: ma'op); ada juga yang bilang Ma’om) Bukan Kyo Kara Maoh! anime jepang itu, hehe
Maop ini ane dapatkan ketika baru beberapa bulan kuliah di Aceh dan sepertinya cuma ada di Aceh, salah seorang dosen teori komunikasi ane mengatakan, MaopMaop Maop. Ane yang penasaran selalu ingin tahu, segera mencari tahu. Mulai tanya-tanya ke teman disebelah, dan tanya ke teman-teman yang duduk di kantin. Dan gak lupa juga tanya ke kakak-kakak leting yang lebih senior agar dapat informasi yang lebih akurat, dan pastinya yang berasal dari Aceh asli dong, hehe

Alhasil, dari yang ane tanya-tanya selama ini, dapat ane simpulkan, bahwa Maop itu adalah nama dari salah satu hantu yang ada di Aceh. Kalau mereka yang udah paham bilangnya, "Ah, itu cuma mitos. Buat nakut-nakutin anak kecil aja."

Bagaimana asal usul Maop?
Tidak tahu pasti siapa yang pertama kali mencetuskan istilah Maop ini, yang jelas pasti nenek moyang orang Aceh dahulu. Istilah Maop ini diciptakan untuk menakut-nakuti anak yang tidak patuh kepada orang tua. Misalnya seorang anak yang masih sangat anak-anak, umur kurang dari lima tahun dilarang untuk bermain terlalu jauh atau tidak boleh main-main ke semak-semak. Jadi orang tuanya mengatakan, "Jangan main jauh-jauh ya nak, nanti diambil Maop." Atau bisa juga bagi anak-anak yang tidak mau tidur siang. "Kalau gak tidur siang nanti ditangkap Maop."
Dan masih banyak lagi contoh kasusnya, yang jelas diperuntukkan untuk anak-anak. Jadi jangan coba untuk menakut-nakuti orang dewasa dengan kata-kata Maop. Bisa-bisa anda yang akan ditakuti lebih parah lagi. Hehe

Bagaimana rupa Maop?
Rupanya gak jelas, karena belum pernah lihat. Hehe
Tapi ciri-ciri Maop itu adalah, bentuk hantu yang tinggi, besar, hitam, suara tertawa yang besar, dan sangat menakutkan. Kira-kira seperti apa ya? :D
Kalau di tempat ane (baca: Pariaman), ada juga yang seperti itu. Tapi tentu dengan nama yang berbeda, namanya si Hampa. Tetapi hantu jenis ini agak sedikit aneh, dan ane pernah mengalaminya. Saat tidur tapi, mimpi lebih tepatnya.
si Hampa ini berbentuk tinggi besar dan menakutkan juga. Tetapi perbedaanya dengan Maop adalah, si Hampajika dilihat makin ke atas ia akan makin besar. Tergantung jarak dan bagaimana kita memandang si Hampa tersebut. Jika kita lihat makin ke bawah, otomatis ia akan makin kecil.
Jadi temen ane bilang, "Berarti kalau ketemu si Hampa jangan lihat keatas, liat kebawah aja. Kan makin kecil tuh, injek-injek aja haha."
Ada benarnya juga sih, tapi ga tau lah. Gak pernah nyoba. Hehe

Ya, jadi itulah Maop itu, sosok hantu yang menurut saya cukup menakutkan bagi anak-anak. :D
Jika anda kurang mengerti tentang Maopini, atau tidak mengerti silahkan baca ulang yang diatas sampai mengerti. Tapi saya yakin anda mengerti tentang itu. ;)

1 comment:

  1. itu hantu geunteut yang suka ngambil anak kecil dgn cara menyerupai orang tua anak itu,bentuk geunteut seperti raksass panjang kaki,dan klo dlihat kbwah dia akan mengecil.

    ReplyDelete